HIDUP SEKALI HIDUP YANG BERARTI

Tuesday 23 August 2016

COVER HUBUNGAN ANTARA BUDAYA ORGANISASI DENGAN KINERJA KARYAWAN

HUBUNGAN ANTARA BUDAYA ORGANISASI DENGAN KINERJA KARYAWAN
HUBUNGAN ANTARA BUDAYA ORGANISASI DENGAN KINERJA KARYAWAN PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DAN KURSUS KOMPUTER
SMILE GROUP YOGYAKARTA

SKRIPSI
Graphic1.jpg
Oleh:
EKO RIYANTO
11081013

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
2016
HUBUNGAN ANTARA BUDAYA ORGANISASI DENGAN KINERJA KARYAWAN PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DAN KURSUS KOMPUTER
SMILE GROUP YOGYAKARTA

Graphic1.jpg SKRIPSI



Diajukan kepada :
Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Yogyakarta
Sebagai salah satu syarat untuk mencapai derajat
Sarjana Strata Satu (S1) Psikologi


Oleh:
EKO RIYANTO
11081013

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
2016
HALAMAN PENGESAHAN
HUBUNGAN ANTARA BUDAYA ORGANISASI DENGAN KINERJA KARYAWAN PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DAN KURSUS KOMPUTER
SMILE GROUP YOGYAKARTA
Graphic1.jpg
Oleh:
EKO RIYANTO
11081013

Telah dipertanggungjawabkan dan diterima
Oleh Tim Penguji pada tanggal
     19 Agustus 2016

       Mengetahui
          Dekan,                                                   Dosen Pembimbing

(Dr. Kamsih Astuti, M. Si)                 (Dr. Alimatus Sahrah, M. Si, MM)                
                                                                                                Dosen Penguji

                                                                                       (M. Wahyu Kuncoro, M.Si)

PERNYATAAN

Dengan ini  saya menyatakan bahwa dalam skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu Perguruan Tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.



                                                                                    Yogyakarta, 19 Agustus 2016
                                                                                           Yang Menyatakan,


                                                                                                 Eko Riyanto 








MOTTO
“Katakanlah Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.
Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezki siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan (batas).”
QS  (Ali-Imran: 26-27)

Sesungguhnya telah datang kepada kamu seorang Rasul dari golongan kamu sendiri (yaitu Nabi Muhammad s.a.w.), yang menjadi sangat berat kepadanya sebarang kesusahan yang ditanggung oleh kamu, yang sangat dermawan (inginkan) kebaikan bagi kamu, (dan) ia pula menumpahkan perasaan belas kasih sayangnya kepada orang-orang yang beriman.
Kemudian jika mereka berpaling ingkar, maka katakanlah (wahai Muhammad): “Cukuplah bagi Allah (yang menolong dan memeliharaku), tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia; kepadaNya aku berserah diri, dan Dialah yang mempunyai ‘Arasy yang besar “
QS. (At-Taubah ayat 128 -129)

Jadilah seperti Karang di lautan yang kuat dihantam ombak dan kerjakanlah hal yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain'karena hidup hanya sekali usahkan hidup yg berarti, dengan melakukan yang terbaik dalam hidup maka keberhasilan tak akan terpungkiri 'Ingat hanya pada Allah apapun dan di manapun kita berada kepada Dialah tempat meminta dan memohon,
Terkadang jalan Allah itu bukan yang termudah, bukan yang tercepat namun percayalah sudah pasti yang terbaik”
Penulis

Lebih baik fokus untuk terus melakukan kebaikan-kebaikan baru, daripada  mengingat-ingat kebaikan yang sudah dilakukan, Allah tak akan lupa dan Salahsatu kunci kebahagian adalah banyak berdo’a, banyak berikhtiar, banyak Bertawakal”
Penulis

Kesuksesan adalah milik mereka yang masih
berharap meski pernah gagal, terus berusaha meski pernah kecewa.
Hidup ini pilihan, apapun yang membuatmu sedih, tinggalkan.
Dan apapun yang membuatmu tersenyum, jangan lepaskan
Hidup di dunia hanya sekali, maka lakukan yang terbaik, nikmati tiap waktunya dan bersyukurlah atas segala yang ada”
Penulis









UCAPAN TERIMA KASIH
            Alhamdulillah, puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga skripsi ini dapat terselesaikan. Tak lupa pula penulis mengirimkan salam dan shalawat kepada Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa umat Islam ke jalan yang diridhoi Allah SWT.
            Skripsi yang berjudul “Hubungan antara budaya organisasi dengan kinerja karyawan” merupakan salah satu syarat untuk mencapai gelar sarjana psikologi. Terwujudnya skripsi ini tidak lepas dari partisipasi dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis ingin menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada :
  1. Dr. Alimatus Sahrah, M. Si, MM, selaku Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta sekaligus Dosen Pembimbing Skripsi yang dengan ketulusan hati dan kesabaranya memberi bantuan arahan,saran dan motivasi dalam penyelesaian skripsi ini.
  2. Dr. Kamsih Astuti, M. Si selaku dekan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
  3. M. Wahyu Kuncoro, M.Si selaku Dosen Penguji yang telah memberikan pertanyaan, masukan, dan saran sehingga skripsi ini menjadi lebih baik lagi.
  4. Ranni Merli Safitri, M. Si selaku Dosen Pembimbing akademik yang senantiasa memberikan masukan dan motivasi kepada penulis dari awal masa kuliah sampai menyelesaikan studi.
  5. Staf pengajar dan karyawan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta atas segala ilmu, masukan dan bantuan yang telah diberikan kepada penulis selama ini.
  6. Kepada rekan-rekan fakultas psikologi Mb Via, Mb Ajeng, dan angkatan 2009-2012 terimakasih atas tukaran ilmu serta kebersamaannya selama belajar di fakultas Psikologi ini.
  7. Kepada Orangtuaku Drg. Jayus Suryanta dan Drg. Syamsu Indriyatun yang sangat saya cintai dan hormati yang tak henti-hentinya memberikan dukungan, doa, nasehat, dan motivasi hingga sampai detik ini penulis tetap bersemangat dalam menyelesaikan studi.
  8. Kepada Budhe, pakdhe, om, dan bulik, Dra. Syamsu Windarti, Gono Saputro S.E,  dr.Syamsu Tatang.T, dr. Syamsumin Kurnia dewi. Yang selalu memberi masukan suport dan arahan sehingga menjadi lebih baik.
  9. Saudara-saudaraku tercinta, mbak Artha, mas Ibnu, dek Lilo, dek Anis ,dek Pandhu ,dek Rahma , dek Hasna, dek Icha , dek Haidar, dek Rani, dek Karin  atas doa, keceriaan, dan dukungan yang telah diberikan selama ini.
  10. Kepada Yayasan Karomahtul Akasyah Daya Laduni Ust. Seno, Ust. Erry, Mb Santi, Pak Achmad, Mas Tarman, Mas Agus, Tommy, Gunawan, Yogo,  Mas Damar, Mas Kukuh, terimakasih telah memberikan banyak ilmu masukan dan saran hingga begitu mengenal Allah serta lebih memaknai hidup dan kehidupan.
  11. Kepada sahabat-sahabatku jiwa perindu surga, Almaida, Yusuf, Yusron, Jonh, Tomy, Ary ,Shepti dan Lintang, terima kasih atas ilmu wejangan uneg-uneg dan dukungan yang diberikan hingga saat ini.
  12. Kepada Manager Smile Group Yogyakarta Bapak Suyanto dan seluruh jajaranya  yang telah membantu peneliti dalam memberikan tempat, mengumpulkan data, dan menjadi partisipan sehingga penelitian ini berjalan dengan lancar.
  13. Teman-teman satu pembimbing akademik Juston dan Tri Darwaji serta teman-teman seperjuangan skripsi Diah, Santi ,Wina, Anung, Hasan, Sri, Raden , Ruri, dan Asgar terima kasih atas semangat dan kerja samanya.
  14. Temanku seperjuangan sejak SMA 1 09 geng E drg. Eldhita , Erick, Eko pujek dan Bu guru Erlitha  makasih telah memberi semangat tinggi serta selalu menghibur dan menemani di sela-sela mengerjakan skripsi.
  15. Keluarga besar Satuan Manggala Yudha Resimen Mahasiswa Mahakarta Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang telah mengajarkan kepada saya pentingnya organisasi, kepemimpinan, khususnya Yudha XXXV(Tri, Edy, dan Zanny) serta seluruh Komandan se Mahakarta Periode 2013-2014 terimakasih atas kerjasama dan kebersamaanya, untuk adik-adik yudha ku tetap semangat terus kompak dan buktikan bahwa menwa bukan mahasiswa biasa tapi kita semua terlatih.
  16. Teman-teman fakultas psikologi angkatan 2011 Ayu, Made, Raden, Rachel, Arfian, Asgar, Handika, Wildan, Yaya, Cheche, Devi riana, Devi viktor, Rima, Dewi, Anung, Nuel, Juston, Ruri, Mei, Wina, Edi , Tri dll(maaf yang belum tersebut) terimakasih atas kebersamaanya selama ini kita semua diberikan kesempatan sama hanya saja waktu yang berbeda tetap kompak kawan sampai ketemu nanti di reuni-reuni berikutnya.
  17. Kepada Keluarga besar TNI AL Laksamana Muda Sulistyanto, Kol laut Iwa kartiwa. S.H, Kol Kartoli, Mayor Agus, Mayor Yusuf, Mayor Kadrawi,  Kapten Eko, Pratu Asep, Pratu Defa, Praka Dhedi, Praka Boby, Marsekal Madya Bambang Samodro, S.Sos, Pelatih Sukiran, Pelatih Edi, Pelatih Aka, Pelatih Wakhid serta teman-teman seperjuangan sejak dulu Lettu Aditya, Lettu Kav Pandhu, Lettu inf Agus, Lettu Pnb Bayu gatra, Lettu Pnb Arian, Serda Mar agung, Serda Pom Panji, Serda Pom Dedik, Serda Pom Aditya, Serda Pom Nugroho, Serda Pom Rizal, Serda Pom Sulistyo, Serda Mar Wahyu, dkk terimakasih atas ilmu dan kebersamaan kekompakan hingga benar-benar memaknai hidup dan kehidupan.
  18. Serta seluruh pihak yang ikut membantu, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penulis hanya bisa berdoa, semoga Allah membalas kebaikan-kebaikan mereka dengan setimpal Amin.
  19. Dan Yogyakarta, tanah kelahiran yang benar-benar istimewa memberikan sejuta kenangan arti, makna hidup serta perjuangan yang selalu berkesan.


Penulis menyadari sepenuhnya bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis memohon maaf  bila ada kesalahan dalam penulisan skripsi ini. Kritik dan saran kami hargai demi penyempurnaan penulisan serupa dimasa yang akan datang. Besar harapan penulis, semoga skripsi ini dapat bermanfaat dan dapat bernilai positif bagi semua pihak yang membutuhkan, dan Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan berkah dan rahmat-Nya bagi kita semua, terima kasih untuk bantuannya selama ini, semoga juga dapat menjadi amal ibadah di hadapan-Nya. Amin

                                                      Yogyakarta, 19 Agustus 2016.
                                                                                    Penulis,

                                                                               Eko Riyanto
                                                                                                  11081013                     






DAFTAR ISI
                                                                                               Halaman
HALAMAN JUDUL ................................................................................      ii
HALAMAN PENGESAHAN .................................................................      iii
PERNYATAAN .......................................................................................      iv
MOTTO .....................................................................................................      v
UCAPAN TERIMAKASIH.....................................................................      vii
DAFTAR ISI .............................................................................................      xii
DAFTAR TABEL ....................................................................................      xv
DAFTAR LAMPIRAN ............................................................................      xvi
ABSTRAK ................................................................................................      xvii
BAB I PENDAHULUAN ........................................................................      1
       A. Latar Belakang Masalah ..................................................................      1
       B. Tujuan dan Manfaat Penelitian .......................................................      11
1. Tujuan Penelitian .........................................................................      11
2. Manfaat Penelitian ......................................................................      11
BAB II TINJAUAN PUSTAKA..............................................................      12
       A. Kinerja Karyawan............................................................................      12
            1. Pengertian Kinerja Karyawan......................................................      12
            2. Aspek-Aspek Kinerja Karyawan..................................................      13
            3. Faktor-faktor Kinerja Karyawan..................................................      18
       B. Budaya Organisasi  .........................................................................      21
            1. Pengertian Budaya Organisasi.....................................................      21
            2. Aspek – Aspek Budaya Organisasi..............................................      22
       C. Hubungan Antara Budaya Organisasi Dengan
            Kinerja Karyawan............................................................................      28
       D. Hipotesis .........................................................................................      31
BAB III METODE PENELITIAN .........................................................      32
       A. Identifikasi dan Defenisi Operasional Variabel Penelitian..............      32
       B. Definisi Operasional Variabel Penelitian .........................................      32
1. Kinerja Karyawan........................................................................      32
2. Budaya Organisasi.......................................................................      33
       C. Subjek Penelitian..............................................................................      34
       D.  Metode Pengumpulan Data............................................................      35
1. Skala Kinerja Karyawan...............................................................      36
2. Skala Budaya Organisasi..............................................................      39
       E. Uji Coba Alat Ukur .........................................................................      43
1. Reliabilitas Alat Ukur...................................................................      43
2. Validitas Alat Ukur......................................................................      44
F. Pelaksanaan Penelitian .....................................................................      49
1. Pengurusan Ijin Penelitian............................................................      49
2. Pelaksanaan Uji Coba...................................................................      50
3. Pelaksanaan Penelitian ................................................................      50
G. Metode Analisis Data......................................................................      51
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN .................................................      52
       A. Hasil Penelitian ...............................................................................      52
            1. Deskripsi Data Penelitian ............................................................      52
            2. Uji Prasyarat ................................................................................      55
3. Uji Hipotesis ................................................................................      56
       B. Pembahasan .....................................................................................      57
BAB V PENUTUP ...................................................................................      65
       A. Kesimpulan .....................................................................................      65
       B. Saran ................................................................................................      66
DAFTAR PUSTAKA ..............................................................................      67
LAMPIRAN ..............................................................................................      71

























DAFTAR TABEL

                                                                                               Halaman
Tabel 1. Penilaian Skor Skala Budaya Organisasi dan Kinerja Karyawan.. ...  36
Tabel 2. Blue Print Sebaran Aitem Skala Uji Coba Kinerja Karyawan...... ..    39
Tabel 3. Blue Print Sebaran Aitem Skala Budaya Organisasi .................... ..    43
Tabel 4. Distribusi Butir Valid dan Gugur Skala Uji Coba
Kinerja karyawan................................................................................ ..........    46
Tabel 5. Distribusi Skala Kinerja Karyawan Setelah Uji Coba .................. ..    47
Tabel 6. Distribusi Butir Valid dan Gugur Skala Uji Coba
 Budaya Organisasi .........................................................................................  48
Tabel 7. Distribusi Skala Budaya Organisasi Setelah Uji Coba .....................  49
Tabel 8. Deskripsi Data Penelitian............................................................. ....   53
Tabel 9. Rumus Kategosisasi Data............................................................ .....            53
Tabel 10. Distribusi Skor Subjek dan Kategorisasi Data Budaya Organisasi.. 54
Tabel 11. Distribusi Skor Subjek dan Kategosisasi Data Kinerja Karyawan... 55
Tabel 12. Hasil Uji Normalitas.................................................................... ..    55








DAFTAR LAMPIRAN

                                                                                      Halaman
Lampiran A. Data Skor Uji Coba................................................................   72
Lampiran B. Uji Validitas Dan Reliabilitas.................................................   81
Lampiran C. Data Penelitian .......................................................................   92
Lampiran D. Uji Asumsi..............................................................................   94
Lampiran E. Uji Hipotesis ...........................................................................   98
Lampiran F. Skala Uji Coba ........................................................................   100
Lampiran G. Skala Penelitian ......................................................................   110
Lampiran H. Surat Ijin dan Surat Keterangan Penelitian............................   121












ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara budaya organisasi dengan kinerja karyawan pada Lembaga Bimbingan Belajar dan Kursus Komputer Smile Group Yogyakarta. bahwa semakin tinggi budaya organisasi yang dimiliki Karyawan pada Lembaga Bimbingan Belajar dan Kursus Komputer Smile Group Yogyakarta maka akan diikuti oleh semakin tingginya kinerja karyawan, demikian juga dengan sebaliknya semakin rendah budaya organisasi yang dimiliki Karyawan pada Lembaga Bimbingan Belajar dan Kursus Komputer Smile Group Yogyakarta maka akan diikuti oleh semakin rendahnya kinerja karyawan pada Lembaga Bimbingan Belajar dan Kursus Komputer Smile Group Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah keseluruhan Karyawan Lembaga Bimbingan Belajar dan Kursus Komputer Smile Group Yogyakarta yang berjumlah 41 orang dengan Karakteristik subjek penelitian adalah karyawan yang sudah terdaftar menjadi karyawan minimal 1tahun bekerja, dengan minimal pendidikan D3, usia Subjek berusia 20-40 tahun, metode pengumpulan data ini menggunakan skala budaya organisai dengan kinerja karyawan sedangkan tekhnik untuk analisis data ini menggunakan analisis korelasi product moment dari karl pearson, Berdasarkan hasil analisis korelasi dengan hasil korelasi sebesar (
) = 0, 434 (p<0,05) hal ini membuktikan bahwa Hipotesis diterima, hasil koefisien determinasi () sebesar 0,1884 berarti bahwa besarnya sumbangan budaya organisasi sebesar 18,84% terhadap kinerja karyawan pada Lembaga Bimbingan Belajar dan Kursus Komputer Smile Group Yogyakarta, sisanya 81,16% dipengaruhi oleh variabel lain.


Kata Kunci : Budaya Organisai dan Kinerja Karyawan




0 komentar:

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Kirimkan kesan pesan dan redaksi
ke ryantoex@gmail.com
Ryantoex@gmail.com. Powered by Blogger.

Total Pageviews

Search This Blog

Admin

Definition List