HIDUP SEKALI HIDUP YANG BERARTI

Wednesday 6 February 2019

Jenjang karier Tentara




Apa cita-cita Anda semasa kecil? Apakah Anda ingin menjadi tentara? Jika Anda masih memelihara impian itu, maka inilah saat yang tepat untuk memulai karier sebagai seorang tentara.
Setiap tahunnya, TNI selalu membuka kesempatan untuk seluruh Warga Negara Indonesia, baik pria maupun wanita yang ingin menjadi tentara. Anda tidak boleh kehilangan peluang untuk bergabung dengan TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara maupun TNI Angkatan Darat.
Sembari menunggu dan menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan, ketahui dulu bahwa ada tiga jenjang kepangkatan yang dapat Anda lamar. Pilihannya adalah tamtama, bintara dan perwira.
Ketiga jenjang kepangkatan yang ada di TNI penting untuk Anda ketahui karena syarat pendaftarannya berbeda, dan jenjang kariernya berbeda pula. Maka, jangan sampai keliru, mendaftarlah di jenjang yang paling sesuai dengan Anda..
Berikut perbedaan tamtama bintara dan perwira.
Simak videonya berikut ini :  https://youtu.be/t2BicIwyCGE

BERSAMA RAKYAT TNI KUAT

Terima kasih sudah menonton video ini.
Cek juga Video saya lainya :)
Tes Samapta/Fisik :  https://youtu.be/ynsXyDzmWhA
Tes Kesehatan 2/Kes dalam : https://youtu.be/YF7a_S6dYIE
Tes Kesehatan 1 Mata : https://youtu.be/1rUJdFfW6lk
3 Hal yang membuat gagal Tes Kesehatan : https://youtu.be/IIz-i501dDc
Psikotes Masuk TNI POLRI : https://youtu.be/ciG90NT6uic
Cara mengatasi Kaki 0 : https://youtu.be/mlxi1NjHDHs
Tes Kesehatan gigi : https://youtu.be/1cPn23YrB14
Lagu TNI Komando Full album 2019 : https://youtu.be/IgRN9hTkM9o
Tentara dua negara : https://youtu.be/bS96tXY0NIA
Tes Wawancara TNI MI : https://youtu.be/7dS-dQlu7Tg
Tes Rikmin / Administrasi : https://youtu.be/jS8ymeyKh50


Tamtama



Warga Negara Indonesia yang mendaftarkan diri menjadi calon tamtama akan mengikuti pendidikan kemiliteran di sekolah calon tamtama SECATA. Seseorang dengan ijazah Sekolah Menengah Pertama pun bisa mengikuti pendidikan tersebut, mereka dilatih agar memiliki jiwa militansi, rela berkorban dan berjuang tanpa pamrih untuk bangsa dan negara. Setelah mempunyai karakter prajurit, para calon tamtama akhirnya bisa dilantik sebagai tamtama. Tamtama siap menerima dan mengerjakan berbagai tugas strategis di bawah pimpinan seorang bintara.
Para tamtama adalah golongan paling rendah dalam ketentaraan. Jenjang karier untuk golongan tamtama dimulai dari peringkat prajurit atau kelasi, lalu kopral. dalam posisi ini seorang tamtama di tuntut untuk menjadi seorang prajurit yang paling siap melaksanakan tugas yang telah di perintahkan atasannyah, dengan sikap loyalitas dan profesionalisme menjadikan seorang prajurit tamtama sebagai pelaksana yang paling siap. 
Syarat mendaftar menjadi tamtama antara lain:
– Tinggi min 163 cm
– Umur maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan
– Lulusan SLTP atau sederajat

Bintara



Ok Gais bintara merupakan pimpinan satuan terdepan atau terkecil. Para komandan regu ini membawahi sekelompok tamtama untuk melakukan berbagai tugas strategis. Bintara juga bertanggungjawab sebagai penghubung garis komando dari para perwira atasannya dengan tamtama.
Seorang bintara memiliki kedudukan yang sangat penting dan strategis. Dia dituntut memiliki kemampuan di bidang pengetahuan umum maupun teknis militer. Maka, seseorang yang ingin menjadi bintara setidaknya harus punya ijazah Sekolah Menengah Atas. Jenjang karier bintara terdiri dari (atas pangkat pembantu letnan dua, pembantu letnan satu, sersan dua, sersan satu, sersan kepala dan sersan mayor.)
Bintara berada di posisi tengah-tengah, mempunyai tugas yang tidak kalah berat nya dengan seorang perwira. Bintara di nilai sebagai motor penggerak dan sekaligus mesin yang senantiasa harus hidup guna melancarkan jalur komando dari tas. segala pemikiran perwira akan di teruskan kepada bintara dan menjadi tindakan nyata dalam mewujudkan suatu misi atau pekerjaan tertentu. Bintara juga harus mempunya keahlian khusus untuk merealisasikan suatu suatu perintah dan mewujudkanya dalam sebuah tindakan yang nyata.
Syarat mendaftar menjadi bintara antara lain:
– Tinggi min 163 cm (laki-laki) dan 158 cm (perempuan)
– Umur maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan
– Lulusan SMA/MA dengan nilai rata-rata UAN 6

Perwira



Seorang bintara bisa mengikuti sekolah calon perwira untuk naik pangkat. Sementara masyarakat umum yang punya ijazah diploma atau sarjana dan memenuhi syarat-syarat tertentu bisa mendaftar ke Taruna agar menjadi seorang perwira TNI AD?AL?AU.
Para perwira disiapkan menjadi pemimpin untuk kesatuan yang lebih besar. salah satu tugas perwira adalah menegakkan disiplin di satuannya. Caranya dengan melakukan pembinaan moril dan mental, memberi teladan dan pengawasan.
Ada beberapa jenjang kepangkatan di golongan perwira TNI. Perwira pertama dimulai dari letnan dua, letnan satu dan kapten. Sementara perwira menengah dimulai dari pangkat mayor, letnan kolonel dan kolonel. Adapun perwira tinggi di Angkatan Darat dimulai dari pangkat brigadir jeneral, mayor jenderal, letnan jenderal dan jenderal. Perwira tinggi di Angkatan Laut disebut Laksamana Pertama, Laksamana Muda, laksamana Madya dan Laksamana. Pangkat prwira tinggi di Angkatan Udara yaitu Marsekal Pertama, Marsekal Muda, Marsekal Madya dan Marsekal.
Perwira merupakan atasan yang harus mampu menempatkan diri sebagai prajurit yang tanggap, tanggon dan trengginas dan mejadi contoh yang teladan bagi anak buah nya. Perwira adalah manager yang harus menciptakan keadaan yang kondusif. sehingga bawahan atau anak buah (Tamtama Dan Bintara) dapat menunjukan kinerja yang baik dalam melaksakan misi atau tugas yang telah di berikan atasannya. pemikiran yang mantap dan kreatif menjadi salah satu ciri perwira yang mempuni dalam mengarahkan, membina dan mendukung kinerja anak buahnya
Syarat mendaftar menjadi perwira antara lain:
– Tinggi minimal untuk laki-laki: 165 cm (AL dan AD),  163 cm (AL)
Tinggi minimal perempuan: 163 cm (AL), 160 cm (AD), 157 cm (AU)
– Umur maksimal 22 tahun dan minimal 17 tahun 9 bulan
– Lulusan SMA/MA program IPA dengan nilai akhir sesuai ketentuan

0 komentar:

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Kirimkan kesan pesan dan redaksi
ke ryantoex@gmail.com
Ryantoex@gmail.com. Powered by Blogger.

Total Pageviews

Search This Blog

Admin

Definition List