HIDUP SEKALI HIDUP YANG BERARTI

Monday 24 November 2014

PROPOSAL PSIKOLOGI TERAPAN




A.    PENDAHULUAN
Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang berfokus pada disiplin ilmu psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta merancang sebuah mata kuliah dengan nama Psikologi Terapan. Disusunnya mata kuliah ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi para mahasiswa seiring dengan makin tingginya kebutuhan akan jasa layanan psikologi di Indonesia.
Psikologi Terapan adalah mata kuliah yang dirancang dan dilaksanakan untuk memberikan pengalaman bagi para mahasiswa fakultas psikologi dalam menemukan dan memahami permasalahan di kehidupan sehari-hari serta mampu untuk merencanakan dan melaksanakan intervensi atas permasalahan yang ditemukan berdasarkan atas teori-teori psikologi yang telah dipelajari. Psikologi Terapan dapat dilaksanakan di suatu lembaga atau intitusi pemerintahan ataupun pada satu komunitas maupun organisasi yang memenuhi kriteria terlaksananya Psikologi Terapan.
Dengan terlaksananya kegiatan Psikologi Terapan ini diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi para mahasiswa akan tetapi juga bagi intitusi ataupun lokasi terlaksananya kegiatan Psikologi Terapan dalam menambah pengetahuan dan ketrampilan mengenai kajian psikologi. Oleh karenanya kerjasama yang baik dalam melaksanakan kegiatan Psikologi Terapan sangat diharapkan demi mewujudkan kebermanfaatan dan keuntungan bagi kedua belah pihak.

B.     NAMA KEGIATAN
Psikologi Terapan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

C.    BENTUK KEGIATAN
Mahasiswa diwajibkan untuk memilih minimal  tiga permasalahan yang terdiri dari : permasalahan Pendidikan-Perkembangan, permasalahan Sosial-Klinis, dan permasalahan Industri-Organisasi di lokasi kegiatan dengan menggunakan asesmen kebutuhan. Kemudian dilaksanakan penanganan terhadap kasus yang diperoleh berdasarkan teori-teori psikologi.

D.    TUJUAN KEGIATAN
Tujuan dari kegiatan Psikologi Terapan adalah agar mahasiswa mampu untuk menemukan dan memahami permasalahan psikologis yang muncul di tempat pelaksanaan, serta mampu untuk merencanakan sekaligus melaksanakan intervensi guna memecahkan/menyelesaikan permasalahan tersebut.

E.     PENYELENGGARA KEGIATAN
Penyelenggara kegiatan yaitu kelompok I mata kuliah psikologi terapan yang terdiri dari :
Dosen Pembimbing Lapangan            : Metty Verasari M.Psi., Psikolog
Ketua Kelompok                                 : Raden Setiawan (11081106)
Anggota                                              : Eko Riyanto (11081013)
                                                              Rachel Hodiono (11081010)
                                                              Devi Victoria Basuki (11081001)
                                                              Meiana Janaturochmah (11081028)
                                                              Tarwina Anggraini (11081007)

F.     WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN
Waktu pelaksanaan yaitu terhitung dari tanggal 6 Agustus sd 6 September 2014 di SMPN 1 Moyudan. Secara umum akan dijelaskan pada tabel dibawah ini:
Waktu
Kegiatan
Pelaksana
Penanggungjawab
Pekan I
Pencarian Permasalahan
Kelompok I
DPL
Pekan II
Assesment dan pengumpulan data
Kelompok I
DPL
Pekan III
Penyusunan rencana Intervensi
Kelompok I
DPL
Pekan IV
Pelaksanaan intervensi
Kelompok I
DPL

G.    PENUTUP
Demikian proposal ini dibuat untuk permohonan dalam mengajukan kegiatan psikologi terapan di SMPN 1. Semoga dapat menjadi gambaran kegiatan tersebut, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.



0 komentar:

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Kirimkan kesan pesan dan redaksi
ke ryantoex@gmail.com
Ryantoex@gmail.com. Powered by Blogger.

Total Pageviews

Search This Blog

Admin

Definition List