HIDUP SEKALI HIDUP YANG BERARTI

Monday 24 November 2014

REVIEW JURNAL PSIKOLOGI BAHASA INDONESIA



REVIEW JURNAL PSIKOLOGI BAHASA INDONESIA
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN RESILIENSI PADA SISWA PENGHUNI RUMAH DAMAI

Reviewer- Nim
EKO RIYANTO - 11081013
Tanggal
22 JUNI 2013

Tahun
1, April 2010
Judul
HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN RESILIENSI PADA SISWA PENGHUNI RUMAH DAMAI
Jurnal
Ana Setyowati, Sri Hartati, Dian Ratna Sawitri
Vol. dan Halaman
Jurnal Psikologi Undip Vol. 7, No. 1, April 2010

Landasan Teori
Jurnal ini difokuskan pada, Hubungan antara kecerdasan emosional dengan resiliensi dan menarik perhatian pada peran resiliensi bagi pengguna NAPZA. Pada jurnal ini, penulis membahas NAPZA yang merupakan singkatan dari Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat adiktif lainnya. Permasalahan penyalahgunaan NAPZA di Indonesia menunjukkan adanya kecenderungan yang terus meningkat. Usaha untuk menyembuhkan dari ketergantungan NAPZA saat ini dapat dilakukan dengan rehabilitasi. Tujuan dari program rehabilitasi adalah memotivasi pecandu untuk melakukan perubahan ke arah positif serta menciptakan lingkungan yang kondusif bagi siswa untuk melakukan perubahan (Retnowati, Singgih & Suparman, 2005, h.77). Resiliensi merupakan faktor yang berperan penting untuk dapat bertahan mengatasi masalah dan mempertahankan kesehatan dalam menghadapi lingkungan yang beresiko. Sedangkan kecerdasan emosional merupakan kemampuan memantau dan mengendalikan perasaan sendiri dan orang lain, serta menggunakan perasaan-perasaan itu untuk memandu pikiran dan tindakan. Oleh karena itu penulis menekankan bahwa Kecerdasan emosional dibutuhkan dalam mengembangkan resiliensi siswa dalam menghadapi berbagai macam tantangan selama proses penyembuhan. Resiliensi memungkinkan siswa untuk dapat mengatasi kesulitan yang dihadapi, sehingga dapat mengurangi risiko relapse serta dapat hidup secara normal kembali, seperti melanjutkan kuliah, mendapat pekerjaan yang layak, atau membina keluarga.
Metode dan Subjek
Penulis membuat Variabel tergantung : Resiliensi dan Variabel bebas : Kecerdasan Emosional, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa penghuni Rumah Damai. Cara pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh dan Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode skala. Adapun skala yang akan digunakan dalam penelitian ini berjumlah dua buah, yaitu skala resiliensi dan skala kecerdasan emosional. Skala Resiliensi berjumlah 70 aitem, 35 aitem favorable dan 35 aitem unfavorable. Skala Kecerdasan Emosional berjumlah 50 aitem, 25 aitem favorable dan 25 aitem unfavorable. Analisis data penelitian dilakukan agar data yang sudah diperoleh dapat dibaca dan ditafsirkan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Analisis Regresi Sederhana menggunakan program komputer Package for Social Science (SPSS) for Windows Release 14.00.

Instrumen penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survei pendahuluan ke Rumah Damai pada tanggal 2 Mei 2009. Persiapan Penelitian yang dilakukan dengan menyusun alat ukur berupa skala psikologi yang kemudian diuji cobakan pada siswa Rumah Damai Gunung Pati Semarang pada tanggal 26 Januari 2010. Skala Resiliensi untuk try out terdiri dari 70 aitem (α=0,964) dan skala Kecerdasan Emosional untuk try out terdiri darai 50 aitem (α=0,946). Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 25 Februari 2010.
Hasil
Dari Hasil pengolahan data penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan resiliensi pada siswa penghuni Rumah Damai ( = 0,801; p<0,05). Hasil penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang diajukan peneliti, yaitu terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan resiliensi pada siswa penghuni Rumah Damai, sehingga semakin
tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi resiliensi, begitu pula sebaliknya. Hasil penelitian ini diperkuat oleh penelitian-penelitian sebelumnya yang mengungkapkan banyak fakta akan pentingnya kecerdasan emosional dalam berbagai aspek kehidupan. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan skor korelasi sebesar = 0,801 dengan p= 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. Sumbangan efektif kecerdasan emosional terhadap resiliensi sebesar 64,1%.
Rata-rata tingkat kecerdasan emosional subjek berada dalam kategori rendah, ditunjukkan dengan mean empirik yang diperoleh sebesar 105,19 berada pada rentang antara skor 87,5 hingga 112,5. Rata-rata tingkat resiliensi subjek berada dalam kategori rendah, ditunjukkan dengan mean empirik yang diperoleh sebesar 151,38 berada pada rentang antara skor 122,5 hingga 157,5.
Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa salah satu faktor yang berkontribusi terhadap resiliensi pada siswa di Rumah Damai adalah kecerdasan emosional. Dengan mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi diharapkan dapat membantu siswa untuk mampu mengatasi dan mempertahankan kesehatan ketika dihadapkan pada tantangan sebagai dampak dari ketergantungan pada NAPZA.
Kecerdasan emosional merupakan dasar penting untuk menjadikan individu menjadi seseorang yang mampu menghadapi tantangan dan mempertahankan semangat hidup (Patton, 1998). Kasus ini menggambarkan masih adanya kelemahan yakni Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional pada siswa di Rumah Damai dalam kategori rendah dengan mean empirik sebesar 105,19 sebanyak 11 siswa. Tingkat kecerdasan emosional pada siswa dalam kategori rendah tersebut kemungkinan disebabkan karena siswa masih dalam tahap primary programe dan re-entry programe.
Primary programe yaitu belajar untuk mengatasi craving, stres, meningkatkan motivasi, mengarahkan pada masa depan, membangun relasi dan komunikasi, mengubah perilaku, persepsi, dan kebiasaan-kebiasaan lama siswa yang berhubungan dengan
ego esensial yang menyebabkan anak-anak ini akan terpengaruh pada satu waktu dengan ‘drivenness' difokuskan pada bagian lain suatu individu.



0 komentar:

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Kirimkan kesan pesan dan redaksi
ke ryantoex@gmail.com
Ryantoex@gmail.com. Powered by Blogger.

Total Pageviews

Search This Blog

Admin

Definition List